Daun Salam Sebagai Obat Herbal Kolesterol Tinggi

obat kolesterolKadar kolesterol yang tinggi dalam darah tidak dapat dianggap sepele dan dibiarkan secara terus menerus. Jika tidak dilakukan penanganan lebih lanjut bisa memicu timbulnya penyakit baru seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan struk. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar kolesterol darah agar tetap normal, yang terpenting adalah dengan menerapkan pola makan dan pola hidup sehat. Namun jika sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, kita perlu melakukan tindakan lanjutan, yaitu pengobatan. Pengobatan yang dilakukan pun bisa berbeda-beda, kita bisa melakukannya dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia atau dengan obat-obatan herbal. Tentu saja pengobatan herbal lebih disarankan mengingat sedikitnya efek samping yang ditimbulkan setelahnya. Walaupun pengobatan herbal memakan waktu yang lebih lama, tak ada salahnya jika kita memilih cara ini. Salah satu bahan herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi adalah daun salam. Berikut adalah penjelasan daun salam sebagai obat herbal kolesterol tinggi.

Pemanfaatan Daun Salam untuk Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Daun salam dapat diperoleh dari pohon salam. Pohon salam merupakan salah satu tanaman keras yang menghasilkan buah berukuran kecil dengan rasa sepat manis. Di Indonesia, bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari pohon salam adalah daunnya. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun salam juga terkenal sebagai obat herbal kolesterol tinggi. Selain sebagai obat kolesterol tinggi, manfaat lainnya adalah sebagai obat asam urat, radang lambung, diare, kencing manis dan beberapa penyakit lain. Daun salam dapat digunakan sebagai obat karena mengandung senyawa seperti eugenol dan metil kavikol. Selain itu extrak daun salam juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Cara pengkonsumsian daun salam sebagai obat herbal kolesterol tinggi sangatlah mudah. Cara yang perlu dilakukan hanyalah dengan merebus 7 hingga 10 embar daun salam dengan 600 cc air dan mengkonsumsi hasil rebusan tersebut setelah dingin. Kita dapat meminum air rebusan secara rutin, minimal setiap dua hari sekali untuk menjaga kadar kolesterol darah. Selain menjadikannya sebagai minuman herbal, kita juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk ekstrak.

Related posts: