Manfaat Kecambah bagi Kesehatan

tips kesehatanTaoge atau kecambah merupakan sebuah tahap perkembangan tumbuhan dari embrionik dalam biji. Kecambah memiliki 3 bagian pokok, yaitu radikula, hipokotil, dan kotiledon. Kecambah juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang digolongkan ke dalam jenis sayur mayur. Saat penanaman kecambah, perlu dipilih kacang-kacangan atau biji-bijian yang sehat, bersih, dan tidak busuk. Lingkungan juga harus dipilih secara optimal, di antaranya adalah ruangan harus lembap, gelap, dan diatur kadar airnya. Wadah untuk membuat kecambah harus berlubang dan memiliki dasar datar. Dasar wadah juga harus dilapisi kain basah atau kapas, yang di atasnya diletakkan lagi kain untuk menabur benih.
Apa Saja Manfaat Kecambah bagi Kesehatan?
Kecambah bermanfaat dalam menjaga kesuburan. Kecambah juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Kandungan mineral dalam kecambah juga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Kecambah juga mengandung protein yang berperan untuk menjaga perkembangan sel sehat. Kecambah juga menjadikan tubuh Anda lebih basa, sehingga sel-sel kanker tidak betah hidup di dalam tubuh Anda. Kecambah memiliki kadar lemak yang cukup rendah, memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi, serta mengandung folat dan protein. Zat-zat tersebut mampu mengurangi risiko munculnya kardiovaskular dan mengurangi LDL. Kecambah juga mengandung fitoestrogen yang bermanfaat untuk wanita. Zat itu mampu memperpadat dan susunan tulang, dan mencegah osteoporosis. Kecambah dapat mencegah kanker payudara dan gangguan menstruasi pada perempuan. Kecambah juga dapat mencegah artritis.
Di samping itu, kecambah juga bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan, proses reproduksi, dan melancarkan glandula atau saluran kelenjar. Kecambah khususnya alfalfa kaya akan kandungan fitokimia yang berguna dalam pencegahan kanker usus besar, kanker darah, atau kanker pankreas. Kandungan genistein dan daidzein dalam kecambah juga dapat melawan sel-sel kanker. Kecambah juga memiliki kandungan saponin yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Zat tersebut dapat memberi stimulan pada sel limfosit T dan interferon, sehingga imunitas tubuh semakin kuat. Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat kecambah bagi kesehatan. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi kecambah.

Related posts: