Memahami Investasi Obligasi dan Jenisnya

Memahami Investasi Obligasi dan Jenisnya

Investasi obligasi dan jenisnya sangatlah penting untuk dipahami oleh mereka yang ingin mencoba berinvestasi dalam bentuk surat hutang jangka panjang ini. Berbeda dengan investasi saham yang membuat pemegangnya memiliki hak kepemilikan, obligasi lebih kepada pinjaman yang Anda berikan kepada sebuah perusahaan tertentu. Obligasi biasanya diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu. Karena sistemnya pinjaman, jika Anda memberikan pinjaman uang pada perusahaan tertentu, maka peminjam akan mengembalikan uang Anda beserta bunganya selama jangka waktu yang telah ditentukan.

Jenis Jenis Dari Investasi Obligasi

Obligasi ini merupakan suatu jenis investasi jangka panjang dengan modal yang cukup besar untuk investor individu. Biasanya, nilai obligasi yang diperdagangkan bisa mencapai Rp 5 miliar atau lebih dengan masa berlaku sesuai kebijakan dari perusahaan yang menerbitkannya. Umumnya masa berlaku obligasi adalah antara 5 sampai 10 tahun. Semakin panjang durasinya maka akan semakin berpengaruh pada perubahan suku bunga dan semakin pendek durasinya maka semakin kecil pengaruhnya. Investasi obligasi dan jenisnya cukup bermacam-macam dan ini penting bagi Anda untuk mengetahuinya.

  1. Berdasarkan penerbitnya, obligasi dibedakan menjadi tiga yaitu Corporate Bond atau obligasi yang diterbitkan perusahaan tertentu baik BUMN maupun BUMS, Government Bond atau obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat dan Municipal Bond atau obligasi yang diterbitkan oleh Pemda untuk membiayai proyek-proyek publik.
  2. Berdasarkan jaminannya, obligasi dibagi menjadi dua jenis yaitu Secured Bond yang menggunakan kekayaan tertentu sebagai jaminan dan Unsecured Bond yaitu obligasi tanpa jaminan kekayaan.
  3. Berdasarkan hak penukarannya, obligasi dibagi menjadi empat jenis yaitu Convertible Bond, Exchangeable Bond, Callable Bond dan Putable Bond.

Setelah mengetahui sedikit lebih banyak tentang obligasi dan jenisnya, Anda bisa memulai untuk mempelajarinya lebih dalam sebelum benar-benar terjun ke dalam investasi obligasi ini. Bisa dibilang investasi jenis ini cukup aman apalagi jika Anda membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah karena kemungkinan uang kembali sangatlah pasti. Demikianlah sedikit informasi tentang investasi obligasi dan jenisnya.

Related posts: