Tips Kesehatan untuk Mengurangi Kelebihan Massa Badan yang Tidak Merata

tips kesehatanKelebihan berat badan disebabkan konsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, penambahan berat badan diikuti penambahan massa otot, daging, dan lemak. Badan harus selalu dilatih dengan berolahraga agar kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat menambah massa badan secara keseluruhan sehingga massa badan tidak hanya terpusat pada bagian tertentu. Penambahan massa badan yang tidak merata dapat terjadi pada penambahan massa hanya pada bagian perut yang sering disebut perut buncit.  Dengan berolahraga dapat mengencangkan dan menambah massa otot. Nutrisi yang dihasilkan dari makanan dikonversi tidak hanya menjadi lemak yang terhimpun, tetapi juga menjadi daging yang merata, juga dapat mengencangkan dan membesarkan otot.

Cara Mengatasi Perut Yang Buncit

Sebenarnya lemak itu sendiri merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh, tetapi sisa jumlah lemak yang berlebihan hanya akan mengumpul di bagian tertentu pada tubuh seperti perut, bagian bawah tangan, tangan bagian atas, pipi wajah, dan pinggang. Perut yang buncit tentunya tidak bagus untuk penampilan tubuh Anda dan juga banyak orang yang berbadan gemuk berpotensi macam-macam penyakit seperti diabetes, kolesterol, bahkan penyakit jantung. Untuk mengatasi perut yang buncit, aturlah jadwal makan Anda. Porsi makan lebih baik dibanyakkan pada pagi atau siang hari, Anda dapat sekenyangnya mengonsumsi pada saat tersebut karena nantinya makanan tersebut digunakan untuk konversi energi yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Pada saat malam hari lebih baik jangan mengonsumsi makanan terlalu banyak, karena aktivitas di malam hari tidak banyak. Makan pada malam hari lebih baik dilakukan antara jam 7 dan jam 8. Makan sebelum tidur sangat tidak dianjurkan, karena makanan susah dikonversi menjadi energi yang produktif melainkan hanya menjadi timbunan lemak. Jadwal tidur yang baik yaitu antara jam 9 dan maksimal jam 10. Tidur terlalu larut dapat membuat lapar datang kembali.

Hindari minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti bir, minuman cokelat, minuman kalengan, dan soda. Kadar glukosa yang tinggi dapat membuat perut lebih buncit. Untuk penggantinya, perbanyaklah meminum air putih. Banyak meminum air putih dapat menyehatkan tubuh dan dapat menunjang kinerja hati yang berfungsi untuk membakar lemak menjadi energi.

Related posts: