Tips Mengatasi Sakit Dan Nyeri Haid

kesehatanAda hal yang dialami oleh wanita namun tidak dialami oleh pria. Hal tersebut adalah haid atau menstruasi. Sayangnya, tidak semua wanita merasa baik-baik saja saat tiba masa menstruasi. Kebanyakan dari mereka akan merasakan nyeri dan sakit pada bagian rahimnya. Haid sendiri terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita. Normalnya, wanita memiliki siklus menstruasi setiap 28 hari sekali. Saat menstruasi datang, ada beberapa keluhan yang dirasakan oleh wanita seperti nyeri pada bagian bawah perut, cepat lelah, pusing, perut kembung, dan payudara juga terasa nyeri bahkan kadang membengkak. Namun, hal tersebut sangat wajar dialami oleh wanita yang sedang haid. Jadi, Anda tidak perlu terlalu takut yang berlebihan.

Cara Mengatasi Rasa Sakit Dan Nyeri Haid

Meskipun munculnya nyeri haid merupakan hal yang wajar karena terjadi perubahan hormonal. Namun sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menangani dan menghilangkan rasa sakit saat nyeri haid datang. Hal tersebut sangat penting agar Anda dapat mengatasi sendiri rasa nyeri haid tersebut tanpa memerlukan penanganan dari dokter. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakan rasa nyeri haid:

  1. Lakukan relaksasi dengan cara berbaring di kasur atau sofa dan taruhlah bantal di bagian bawah lutut sebagai penyangga. Posisi ini dapat membantu Anda mengurangi nyeri haid yang biasanya muncul di daerah sekitar pinggang.
  2. Saat haid, jangan pernah meninggalkan olahraga. Lekukanlah olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, senam, dan berenang.
  3. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Jauhi rokok dan minuman beralkohol.
  4. Lakukan pijatan secara pelan dan perlahan pada bagian perut yang terasa nyeri. Hal tersebut dapat memberikan efek relaksasi sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.
  5. Mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks dan santai sehingga dapat mengurangi nyeri yang Anda rasakan.

Demikianlah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri haid. Namun, jika sakit yang Anda rasakan sudah tak tertahankan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penanganan dengan baik dan biasanya akan diberi resep obat untuk menghilangkan rasa nyeri.

Related posts: