Tips Menjadikan Anak Menyukai Cerita Anak

Tips Menjadikan Anak Menyukai Cerita AnakMeskipun ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca namun tidak banyak orang yang menyadarinya. Hal ini terjadi karena para orang tua tidak suka membaca karena merasa terlalu banyaknya tulisan yang harus dicerna. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut di bawah ini agar anak anda gemar membaca cerita anak mulai sejak balita.

Tips agar Menyukai Cerita Anak

Kita perlu menyelami cerita yang mau kita ceritakan kepada si buah hati dan coba memahami serta menggambarkannya dari sudut pandang mereka. Tidak perlu menjadi seorang pendongeng yang hebat tapi kita bisa mulai dengan menikmati  kebersamaan dan kebebasan berekspresi di hadapan si mungil. Yang paling penting adalah membaca dengan suara yang jelas diiringi dengan intonasi suara yang variatif. Dua hal tersebut akan menarik perhatian anak kita.

Perlu kita ingat bahwa batas waktu konsentrasi anak di usia pra sekolah cukup pendek yang hanya  dimulai dari lima sampai sepuluh menit saja. Oleh karena itu, tips pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memilih cerita yang menarik dan mudah dicerna namun harus cukup singkat. Seringkali kita perlu menggunakan kreatifitas kita untuk mengemas ulang cerita yang panjang menjadi pendek supaya lebih mudah diingat dan dicerna.

Anak yang masih kecil tentu saja sangat menyukai adanya interaksi. Persiapkanlah pertanyaan-pertanyaan dan komentar yang sesuai dengan tingkat intelijensi anak. Biasanya yang bersifat memancing pendapat maupun kesukaan mereka. Ada juga tersedia buku bergambar di mana kita bisa melakukan aktifitas mewarnai bersama si buah hati. Dengan begitu, anak anda akan lebih menyukai mendengarkan cerita anak.

Anak kecil bisa memiliki ketertarikannya sendiri pada halaman atau gambar tertentu yang sedang kita ceritakan. Ikutilah keinginan si mungil dan perhatikan bagian mana yang menarik rasa ingin tahunya. Tambahkan penjelasan atau komentar singkat mengenai hal tersebut.Jangan pernah bosan jika si kecil sering minta diceritakan dongeng yang sama berulang kali. Hargai rasa ingin tahu dan kesukaannya sehingga kelak dia akan suka membaca dengan sendirinya.

Related posts: