Ukt Uang Kuliah Tunggal Unsoed Purwokerto

biaya kuliahUkt uang kuliah tunggal merupakan sesuatu yang baru terdengar untuk sekarang ini di UNSOED sebab tentang Tarif uang kuliah tunggal dan penentuan kelompok uang kuliah tunggal bagi mahasiswa Program Sarjana (S1) dan Program Diploma (DIII) Unsoed Soedirman baru ditetapkan pada Tahun 2014 lalu, akan tetapi sudah diberlakukan mulai angkatan tahun 2012. Berbeda dengan Permendikbud Nomor 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal yang membagi UKT menjadi 5 kelompok, UKT Unsoed TA 2014 terdapat 7 level atau kelompok.

Sistem Ukt Uang Kuliah Tunggal Unsoed Purwokerto

Pengelompokan kriteria ukt di Universitas Jenderal Soedirman ini didasarkan atas data yang telah diisi oleh calon mahasiswa baru yang menyertakan data penghasilan orang tua, kriteria pengelompokan hingga VII kelas ini dibagi berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, penghasilan orang tua dan pihak lain yang telah membiayainya. Ukt uang kuliah tunggal di UNSOED dibayarkan setiap semesternya dan tidak ada biaya lagi yang dibebankan kepada mahasiswa. Kuota UKT kelompok I ditetapkan paling sedikit 5 persen dari jumlah mahasiswa yang diterima setiap perguruan tinggi, begitu juga kelompok II, kuota jumlah mahasiswa pada kelompok ini ditetapkan minimal 5 %.

Biaya ukt berlaku untuk semua fakultas dan program studi yang ada di Universitas Jenderal Soedirman. Misalkan untuk ukt S1 program studi agribisnis untuk ukt kelompok I totalnya adalah 500.000 rupiah per semester, golongan II sebesar 1.000.000 rupiah per semester, golongan III sebesar 2.000.000 rupiah per semester, golongan IV sebesar 2.400.000 rupiah per semester, golongan V sebesar 2.600.000 rupiah per semester, golongan VI 3.400.000 rupiah per semester, dan golongan VII sebesar 3.900.000 rupiah per semester. Hal tersebut bisa dilihat bahwa golongan untuk masing – masing kelas memiliki biaya yang berbeda, hal tersebut didasarkan atas keterangan slip gaji orang tua yang diisi oleh calon mahasiswa pada saat awal registrasi penerimaan mahasiswa baru. Ukt dirasa efektif untuk mahasiswa yang kurang mampu, karena uang bisa dicicil setiap semesternya tidak langsung dibayar di muka. Itulah kelebihan ukt uang kuliah tunggal.

Related posts: